Apa Itu Amandel? Fakta-fakta, Fungsi dan Cara Penyembuhannya

Bagi orang awam, amandel identik dengan penyakit yaitu terjadinya pembengkakan atau peradangan pada organ ang berada di didekat rongga tenggorokan. Ketika terjadi infeksi, banyak orang memilih untuk mengangkat amandel mereka, karena beranggapan bahwa amandel itu tidak memiliki fungsi yang penting bagi tubuh.

Padahal sebenarnya tidaklah begitu. Amandel memiliki beberapa fngsi penting.

Tapi, tahukah kamu apa itu amandel sebenarnya? Apakah mengangkat amandel tidak berbahaya bagi tubuh.

Melalui artikel ini, kamu akan menemukan jawaban dari pertanyaan diatas disertai fungsi dan cara penyembuhan jika terjadi infeksi pada amandel.

Apa itu Amandel?
Amandel adalah organ kecil yang terletak dibagian belakang tenggorokan. Amandel ini ternyata bukan organ biasa, melainkan bagian dari sistem limfa. Tentunya, amandel berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Banyak orang yang berfikiran bahwa amandel ini hanya organ aksesoris yang tidak memiliki kegunaan bagi tubuh. Sebagian lagi mengatakan bahwa amandel muncul akibat evolusi yang dialami manusia.

Tetapi, anggapan tersebut tidaklah benar.

Ketahuilah bahwa amandel sebenarnya punya kegunaan bagi tubuh kita. Allah SWT menciptakan segala sesuatu dengan sempurna dan pasti ada manfaatnya bagi tubuh. Fungsi amandel ini nanti akan dijelaskan di bagian bawah postingan ini.

Ukuran dan Letak Amandel
Sebenarnya, ada tiga set amandel yang terdapat dalam tubuh manusia yaitu:
1) Faringeal amandel (amandel yang terdapat di faring). Sering juga disebut kelenjar gondok.
2) Amandel palatina
3) Amandel lingual, merupakan jaringan limfatik yang terdapat pada permukaan dasar lidah.


Ketika seseorang berbicara mengenai amandel, yang mereka maksud sebenarnya adalah amandel palatina. Amandel ini terletak di bagian pembukaan tenggorokan kita (lihat gambar diatas). Kita bisa melihat amandel palatina ini jika kita menganga di depan cermin.

Amandel berukuran lebih besar saat anak-anak dan akan menyusut seiring dengan pertambahan usia.

Fungsi Amandel
Seperti yang disebutkan diatas, amandel ternyata memiliki beberapa kegunaan yaitu sebagai berikut:
1) Amandel mencegah benda asing agar tidak tergelincir masuk ke dalam paru-paru. Jika benda asing sampai masuk ke dalam paru-paru, maka akibatnya akan sangat vatal, bahkan bisa menyebabkan kematian. jadi, amandel berperan sebagai “penjaga gawang” agar benda asing tidak lolos menuju saluran paru-paru.

2) Amandel juga berfungsi untuk menyaring bakteri dan virus.

3) Fungsi paling penting dari amandel adalah mereka berkerja untuk meproduksi sel darah putih dan antibodi yang merupakan komponen penjaga sistem kekebalan tubuh.

Berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh, amandel merupakan garis terdepan yang harus dilewati partikel patogen untuk dapat menyebabkan penyakit didalam tubuh. ketika bakteri dan virus masuk melalui hidung atau mulut, amandel akan membuangnya menggunakan cairan limfa (suatu cairan bening dan tidak berwarna yang terdapat pada sistem limfatik tubuh) sehingga tidak jadi masuk lebih jauh ke dalam tubuh.

Dari penjelasan diatas, tentunya kamu bisa mengetahui fungsi penting amandel. Jika amandel sudah dibuang, maka bakteri dan virus akan mudah masuk ke dalam tubuh. Walaupun, kelenjar lain yang juga menghasilkan sel darah putih dan antibodi masih dapat bekerja untuk membunuh patogen tersebut. Namun, kerja mereka akan jauh lebih berat karena tidak dibantu oleh amandel yang sudah diangkat.

Cara Penyembuahan Jika Amandel Mengalami Infeksi/Peradangan
Tidak banyak penyakit serius yang biasa terjadi pada amandel. Yang paling umum adalah infeksi atau peradangan amandel. Jika terjadi peradangan, jangan buru-buru ke dokter ya. Nanti, amandel kamu bisa diangkat.

Beberapa cara berikut dapat mengobati peradangan yang terjadi pada amandel kamu.
1) Mengkonsumsi obat pelega tenggorokan.
2) Berkumur dengan air asin.
3) Minum air dalam jumlah banyak.
4) Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit yang banyak dijual bebas di apotek.

Jika kamu melakukan salah satu cara diatas, maka insyaallah, peradangan pada amandel kamu akan hilang dengan cepat. Jika terjadi infeksi, maka kamu bisa juga mengkonsumsi antibiotik yang diberikan oleh dokter.

Bisanya, peradangan pada amandel sering terjadi ketika masa anak-anak. Ketika dewasa, infeksi amandel akan jarang terjadi.

Peradangan pada amandel sering juga disebabkan oleh bakteri streptococcus. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi yang sedikit lebih parah. Selama infeksi berlangsung, amandel biasanya sangat meradang dan terdapat bintik putih dipermukaan amandel ataupun disekitar mulut tenggorokan.

Jika pada kondisi diatas kamu tidak mendapat pengobatan, maka dapat menyebakan terjadinya demam merah impitigo, selulitis, sindrom syok toksik atau necrotizing fascitis (suatu penyakit yang disebabkan oleh peradangan akut pada amandel atau otot).

Jika sudah begini, maka jangan tunda untuk datang ke donkter ya. Lebih cepat lebih baik, karena proses penyembuhannya pun akan jauh lebih mudah.

Amandel atau daerah di sekitar amandel kita juga bisa mengeras. Ini terjadi ketika ada benda asing (berupa serpihan benda keras) masuk kedalam tubuh dan tertangkap oleh amandel. Sel darah putih akan menyerang benda asing tersebut, membentuk suatu padatan keras, mirip batu.

Jika ini terjadi, menyikat amandel atau berkumur-kumur menggunakan air bisa menghilangkan padatan yang sudah mengeras tersebut. Jika kamu takut melakukannya atau tidak berhasil, pergi ke dokter gigi juga bisa menjadi solusi.

Nah, itulah sedikit informasi amandel, organ kecil yang terlihat mengantung di depan mulut teggorokan. Setelah mengetahui fungsinya, tentunya kamu sangat bersyukur amandel kamu masih ada.

Terimakasih sudah berkunjung pada blog ini dan sampai jumpa lagi dia artikel menarik lainnya.
Buka Komentar

0 Response to "Apa Itu Amandel? Fakta-fakta, Fungsi dan Cara Penyembuhannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

ptk

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ptk