Cesium: Sejarah Penemuan, Sifat Fisika dan Kimia Serta Sumber

Hai, selamat datang di blog portal-sains. Melalui postingan ini, mari kita mencari tahu segala informasi tentang unsur Cesium {Cs} mulai dari sifat fisika dan kimianya, sejarah penemuan, isotopnya, sampai kegunaan dari unsur ini dalam kehidupan sehari-hari. tak usah berlama-lama, silahkan baca penjelasan di bawah ini ya.

Sejarah Penemuan Unsur Cesium {Cs}
Sebelum alat spektroskopi berhasil dibuat, penemuan terhadap unsur-unsur baru sangatlah rumit. Hal ini disebabkan karena unsur-unsur tersebut terdapat dalam jumlah yang sangat sedikit di dalam sampel yang akan diteliti. Sehingga menyulitkan para ahli kimia untuk mengidentifikasinya.

Namun, setelah alat spektroskopi ditemukan, para ahli kimia mempunyai alat baru yang mampu mendeteksi keberadaan suatu unsur walaupun jumlahnya sangat sedikit di dalam suatu sampel.

Ketika sampel dipanaskan, setiap unsur didalamnya akan memberikan spektrum sinar yang khas. Dengan menggunakan spektroskopi, ahli kimia dapat mengidentifikasi keberadaan unsur baru berdasarkan spektrum sinar yang dihasilkannya.

Cesium merupakan salah satu unsur yang ditemukan menggunakan alat spektroskopi. Penemuan unsur ini dilakukan oleh seorang ahli kimia Jerman bernama Robert Bunsen dan temannya Fustov Kirchhoff pada tahun 1859.

Bunsen dan Kirchhoff melakukan penelitian terhadap sampel mineral yang diambil dari sumber mata air. Sampel tersebut kemudian dipanaskan dan mereka berhasil melihat spektrum sinar dari unsur natrium, kalium, litium, kalsium dan strontium. Unsur-unsur ini telah ditemukan sebelumnya.

Setelah Bunsen dan Kirchhoff membuang semua unsur yang sudah ditemukan sebelumnya dari sampel yang mereka teliti, mereka terkejut karena berhasil menemukan dua garis biru dari spketrum sinar yang belum diketahui sebelumnya. Ternyata, spektrum itu berasal dari unsur yang belum diketahui saat itu.

Bunsen kemudian menyarankan untuk memberi nama unsur tersebut dengan Cesium yang dalam bahasa Latin berarti “langit biru”.

Sifat Fisika Unsur Cesium
Cesium merupakan unsur berwarna emas-keperakan, mengkilat, sangat lunak dan elastis {elastis disini maksudnya adalah bisa ditarik hingga menjadi kawat yang tipis}. Titik lelehnya sekitar 28,5 degC. Logam ini dapat meleleh dengan mudah oleh panas genggaman tangan.
Logam Cesium yang berwarna emas-keperakan
Titik didih cesium cukup tinggi yaitu 705 degC. Terlihat, selisih titik leleh dan titik lelehnya cukup jauh. Massa jenis logam ini adalah 1,9 gram per cm kubik.

Sifat Kimia Cesium
Cesium merupakan logam yang sangat reaktif. Logam ini dapat cepat bereaksi dengan oksigen yang ada di udara dan bereaksi dengan hebat ketika dimasukkan ke dalam air.

Pada reaksi antara cesium dengan air, akan dilepaskan gas hidrogen ke udara yang kemudian akan terbekar seketika oleh panas yang dihasilkan dari reaksi ini. Karena melepaskan kalor ke lingkungan, reaksi antara cesium dan air termasuk ke dalam reaksi eksotermik.

Karena kereaktivannya, cesium harus dijauhkan dari air dan udara terbuka. Oleh karena itu, logam ini bisanya disimpan dalam kerosin atau dalam cairan minyak untuk mencegah terjadinya reaksi antara cesium dengan oksigen atau air.

Cesium juga dapat bereaksi dengan unsur-unsur halogen {F, Cl, Br, I}, belerang dan fosfor. Logam cesium teroksidasi dengan cepat ketika diletakkan di udara terbuka dan membentuk senyawa superoksida yang berbahaya di permukaan logamnya.

Sumber untuk Mendapatkan Cesium
Kelimpahan cesium di kerak bumi diperkirakan antara 1 – 3 ppm dari massa kerak bumi. Cesium terdapat dalam jumlah kecil di dalam beberapa mineral seperti di dalam mineral litium yang bernama lepidolite dan mineral Boron yang bernama rhodizite.

Mineral yang mengandung cesium dalam jumlah yang cukup banyak adalah polusite {Cs4 Al4 Si9 O26}. Mineral ini ditambang dalam jumlah besar di Danau Bernic, Kanada.

Nah, itulah sedikit informasi yang bisa saya bagikan kepada kamu tentang sejarah penemuan, sifat fisika dan kimia serta sumber logam Cesium. Semoga informasi diatas bermanfaat ya dan jangan lupa untuk di share. Terimakasih sudah berkunjung.
Buka Komentar

0 Response to "Cesium: Sejarah Penemuan, Sifat Fisika dan Kimia Serta Sumber"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

ptk

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ptk