Apa itu Pankreas? Fungsi, Letak dan Penyakit yang Berkaitan dengan Pankreas

Pernahkah kamu mendengar kata pankreas? Jika ada saudara atau anggota keluarga kamu menderita penyakit diabetes, maka pasti pankreas mereka sudah tidak bekerja dengan normal.

Memannya apa hubungan pankreas dengan diabetes? Apa saja fungsi dari pangkreas bagi tubuh? Dan penyakit-penyakit apa saja yang berkaita dengan pankreas? Semua pertanyaan diatas dapat kamu temukan jawabannya melalui penjelasan di bawah ini!

Apa itu Pankreas?
Pankreas adalah salah satu organ yang terdapat didalam perut kita. Posisinya ada di belakang lambung dan dikelilingi oleh organ-organ perut lainnya seperti limfa, hati, dan usus halus.

Ukuran organ pankreas manusia dewasa adalah sekitar 15 – 16 cm, berbentuk memanjang dan datar. Pankreas memiliki fungsi penting dalam proses pencernaan makanan dan pengaturan kadar gula di dalam darah.

Fungsi dari Organ Pankreas Manusia
Pankreas punya dua fungsi utama yaitu:
1) Organ ini membuat enzim yang akan digunakan untuk mencerna bahan makanan seperti protein, lemak dan karbohidrat.
2) Memproduksi hormon insulin dan glukagon

Apa Fungsi Hormon Insulin yang Dihasilkan Pankreas?
Fungsi hormon insulin bagi tubuh manusia adalah untuk menurunkan konsentrasi glukosa di dalam darah. Hal ini akan menyebabkan kadar gula darah kita tetap normal dan memungkinkan sel-sel dalam tubuh untuk dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi.

Insulin juga memungkinkan glukosa untuk masuk ke dalam otot dan jaringan tubuh, sebagai cadangan makanan yang akan diproses oleh hati dan untuk mensintesis lemak. Hormon insulin juga membantu meningkatkan penyerapan asam amino oleh tubuh.

Pankreas akan mengeluarkan hormon insulin ketika kita sedang mencerna karbohidrat dan protein. Saat proses pencernaan itu, kadar glukosa dalam darah akan naik. Jumlahnya akan dinormalkan kembali oleh hormon insulin. Jika pankreas seseorang tidak mampu memproduksi jumlah insulin yang cukup, maka orang tersebut sedang menderita penyakit diabetes tipe 1.

Fungsi Glukagon bagi Tubuh Manusia
Kebalikan dari fungsi hormon insulin, glukagon berperan untu menaikkan kadar gula dalam darah.

Kombinasi kerja antara hormon insulin dan glukagon inilah yang tetap emnjaga kadar gula dalam darah tetap normal.

Fungsi pankreas yang lain adalah untuk memproduksi dan melepaskan cairan pencernaan. Ketika makanan masuk ke dalam lambung, cairan/enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas (pankreatic juice) akan disekresikan melalui saluran pankreas menuju saluran empedu.

Dari saluran empedu ini, cairan pencernaan akan masuk ke dalam kantong empedu dan bercampur dengan cairan empedu. Campuran ini kemudian digunakan untuk membantu proses pencernaan makanan.

Dimanakah Letak Pankreas Di Dalam Tubuh?
Organ pankreas terletak di bagian atas rongga perut dan dibelakang lambung. Ujung bagian kanan pankreas lebih lebar dibandingkan ujung kirinya  sehingga ujung kanan ini disebut kepala pankreas.
Posisi organ pancreas pada tubuh manusia. Credit. Medical News Today
Dari ujung kepala ini, ukuran lebar organ pankreas akan mengecil sampai ujung kirnya. Bagian tengah dari pankreas disebut leher atau tubuh, sementara ujung sempit dibagian kiri disebut ekor.

Penyakit yang Berhubungan dengan Pankreas
Pankreatitis
Pankreatitis adalah penyakit peradangan yang terjadi pada pankreas. Penyakit ini terjadi ketika enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas malah mecerna organ itu sendiri.

Penyakit ini bisa masuk dalam tahap akut atau kronis dan harus segera mendapat penanganan medis. Jika tidak, maka akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh terutama yang berkaitan dengan pencernaa.

Pankreatitis Kronis
Penyakit ini terjadi ketika peradangan pada organ pankreas bersifat permamen (terjadi lebih dari tiga minggu).

Pankreatitis kronis bisa disebabkan karena penderita mengkonsumsi alkohol secara terus menerus (kecanduan alkohol), karena tingginya kadar kalsium atau lemak didalam dalam darah atau karena adanya kelainan pada sistem imun tubuh.

Pankreatitis kronis bisa juga disebabkan karena penderita menderita cystic fibrosis (suatu kelainan yang didapat secara turun-temurun yang dapat mengganggu kelenjar eksokrin. Kelainan ini menyebabkan produksi lendri menjadi tidak normal dan banyak sehingga menyumbat saluran pankreas).

Pankreatitis Akut
Pankreatitis akut merupakan penyakit peradangan pada pankreas yang umumnya disebabkan oleh terbentuknya batu empedu. Penyakit ini biasanya datang secara tiba-tiba dan bisa hilang jika penderita mendapatkan pengobatan di rumah sakit.

Batu empedu bisa terbentuk ketika kadar trigliserida dan kalisum di dalam darang tinggi atau karena konsumsi alkohol yang bnayak dan rutin.

Kanker Pankreas
Merupakan penyakit pada pankreas yang paling berbahaya.

Bisanya, ketika sel kanker yang baru mulai tumbuh, akan sulit untuk didiagnosis. Kanker pankreas baru menunjukkan gejala-gejala ketika sudah berkembang ke tahap yang lebih tinggi. Bahayanya lagi, kanker pankreas dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat.

Merokok, menderita penyakit diabetes dalam waktu alam atau menderita penyakit pankreatitis kronis dapat memicu sesoerang untuk mengidap penyakit kanker pankreas. Pengobatan untuk penyakit ini meliputi operasi, radiasi, dan kemoterapi yang bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel pankreas normal.

Bisakah Pankreas Seseorang Dangkat?
Ketika pankreas seseorang tidak berfungsi normal, dokter di rumah sakit biasanya menyarankan agar pankreas tersebut diangkat. Sebagai penggantinya, mereka akan memberika pankreas tiruan, sebuah alat medis yang fungsinya mirip dengan pankreas asli.
Buka Komentar

0 Response to "Apa itu Pankreas? Fungsi, Letak dan Penyakit yang Berkaitan dengan Pankreas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

ptk

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ptk