Fakta-Fakta Tentang Natrium {Na, No Atom = 11}

Natrium merupakan salah satu unsur yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Kita bahkan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, dalam bentuk senyawa natrium klorida atau garam dapur.

Natrium merupakan unsur logam yang sangat rekatif dalam keadaan murni. Unsur ini sangat mudah bereaksi dan bercampur dengan unsur lain membentuk beberapa senyawa kimia yang umum kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari.

Contoh:
Baking soda = NaHCO3
Natrium proksida = Na2O2
Borak atau natrium borak = Na2BO7.10H2O

Unsur natrium juga penting bagi tubuh manusia dalam hal pengaturan tekanan darah dan menjaga fungsi sistem syaraf tetap aktif.

Natrium Breaksi Cepat dan Ekplosif dengan Air
Jika kita campur logam natrium dengan air, keduanya akan berekasi dengan cepat dan ekplosif,  menghasilkan natrium hidroksida, gas hidrogen dan panas. Rekasi ini tergolong ke dalam rekasi eksotermik karena melepaskan kalor ke lingungan.

Panas yang keluar dari reaksi ini sangat tinggi sehingga bisa membakar gas hidrogen yang dihasilkan, menciptakan ledakan dan nyala api.

Kenapa reaksi antara air dan natrium terjadi begitu cepat? Berikut alasannya.
Ketika natrium dan air mulai bereaksi, atom ini akan melepaskan satu buah elektron {partikel bermuatan negatif} keluar, sehingga terbentuklah ion natrium yang bermuatan positif dalam jumlah yang banyak. Partikel bermuatan positif akan saling tolak menolak sehingga memecah logam natrium menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Ketika hal tersebut terjadi, akan semakin banyak atom natrium yang bereaksi dengan air. Oleh akrena itulah, reaksi keduanya berlangsung dengan cepat.

Fakta Periodik Unsur Natrium
1. No atom = 11
2. Lambang unsur = Na
3. Massa atom relatif = 22,98
4. Massa jenis = 0,97 gra, persentimeter kubik
5. Wujud pada suhu ruangan = padat
6. Titik leleh = 97,8 degC
7. Titik didih = 883 degC
8. Jumlah isotop = 21 buah dan hanya satu buah isotop yang stabil.
9. Isotop yang paling sering dijumpai di alam adalah Na-23 dengan kelimpahan 100 persen.
Logam natrium yang lunak dan reaktif
Natrium adalah Logam yang Reaktif
Natrium merupakan anggota unsur golongan alkali yang berada paling kiri di tabel periodik. Unsur lain dalam golongan ini adalah litium, kalium, rubidium, cesium dan fransium.

Seluruh unsur logam alkali memiliki satu buah elektron pada kulit terluarnya. Unsur-unsur ini sangat mudah melepaskan elektron tersebut, karena energi yang dibutuhkan sedikit. Akibatnya mereka menjadi sangat rekatif dan tidak pernah ditemukan dalam keadaan bebas di alam.

Unsur-unsur logam alkali, termasuk natrium selalu ditemukan berikatan setidaknya dengan satu unsur lainya.

Senyawa-senaywa yang mengandung natrium telah diketahui dan didgunakan dalam kehidupan sehari – hari sejak zaman dahulu. Misalnya, Mesir Kuno menggunakan senyawa yang disebut dengan natron {garam mineral yang biasa ditemukan di dasar danau} untuk membungkus mumi dan organ-organ mereka, membuat daging mumi mengering dan awet.

Natron merupakan zat yang terbuat dari campuran senyawa natrium karbonat {soda ash} dan natrium bikarbonat {baking soda}. Mereka bercampur secara alami di dasar danau yang sudah mengering.

Orang yang berjasa menemukan natrium murni adalah ahli kimia Inggris bernama Humphry Davy. Ia menggunakan teknik elektrolisis untuk memisahkan unsur ini dari natrium hidroksida.

Logam natrium murni jarang digunakan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penggunakan logam natrium murni adalah sebagai pendingin reaktor nuklir. Logam natrium cair digunakan sebagai pendingin adalah agar reaktor lebih aman karena natrium dapat dengan mudah menyerap dan membuang kelebihan panas dari reaktor tersebut.

Kebanyakan natrium digunakan dalam bentuk senyawanya, karena sangat mudah dan cepat untuk dibuat. Borak adalah senyawa natrium yang digunakan dalam detergen dan kosmetik, natrium bikarbonat atau baking soda digunakan untuk mengembangkan roti saat dipanggang, natrium nitrat digunakan untuk mempertahankan keawetan bahan makanan, seperti pada daging.

Natrium dalam tubuh manusia berfungsi untuk mengatur kadar air, sehinggga unsur sangat penting untuk menjaga/memelihara tekanan darah. namun, tubuh manusia tidak membutuhkan natrium dalma jumlah banyak.

Untuk orang dewasa, konsumsi natrium perhari adalah sekitar 1.500 miligram atau 1.5 gram. Sedikit bukan, namun banyak diantara kita yang mengkonsumsi garam melebihi jumlah tersebut. Bahayanya adalah bahwa natrium dapat meningkatkan tekanan darah. Ketika ini terjadi terus menerus, akan berdampak buruk untuk kesehatan organ kardiovaskular {jantung} kita.

Fakta-Fakta Menarik Tentang Unsur Natrium
1. Natrium merupakan unsur no 6 paling banyak ditemukan di bumi.

2. Jika kamu mengkonsumsi garam dalam jumlah besar, kamu bisa mengalami overdosis. Tahun 2013, seorang dokter di Amerika menemukan kasus seorang laki-laki berusia 19 tahun koma akibat menenggak sebotol kecap. Hal ini disebabkan karena kelebihan natrium di dalam darahnya akibat mengkonsumsi kecap mengakibatkan air dari otaknya keluar dan masuk ke aliran darah sebagai upaya untuk mengurangi konsentrasi natrium. Akibtanya, pasien mengalami  pusing hebat dan tidak sadarkan diri. Untungnya, dengan tindakan medis yang cepat, pria itu bisa diselamatkan.

3. Natrium merupakan salah satu komponen pembentuk MSG atau monosodium glutamat. Penyedap rasa ini dibuat dari natrium dan asam glutramat.

4. Lampu jalan yang berwarna kuning menggunakan campuran gas neon dan natrium padat untuk menghasilkan cahaya kuning. Fungsi ini ditemukan pertama kali pada tahun 1920.
Buka Komentar

0 Response to "Fakta-Fakta Tentang Natrium {Na, No Atom = 11}"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

ptk

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ptk