Apa Itu Gula Darah?

Kamu tentunya sering mendengar istilah gula darah, terutama jika ada saudara atau kerabat kamu yang menderita penyakit diabetes. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan gula darah itu?

Nah, melalui postingan ini, mari kita mempelajari secara ringkas apa itu tentang gula darah, kadar gula darah normal, masalah kesehatan berkaitan dengan gula darah dan tips-tips untuk menjaga kadar gula darah kita tetap normal.

Apa itu Gula Darah?
Gula darah atau disebut juga dengan glukosa, merupakan gula utama yang ditemukan di dalam darah. Tubuh kita mendapatkan glukosa dari makanan yang kita makan, terutama makanan yang mengandung karbohidrat. Fungsi glukosa atau gula darah bagi tubuh manusia adalah sebagai sumber energi utama dan nutrisi yang dibuthkan oleh organ-organ tubuh.

Penyerapan, penyimpanan dan produksi glukosa diatur secara konstan oleh suatu proses yang kompleks yang melibatkan organ-organ seperti usus halus, hati, dan pankreas.

Glukosa yang dihasilkan dari proses pencernaan makanan akan diserap masuk ke dalam alirah darah. Agar jumlah glukosa dalam aliran darah tetap normal, sistem endokrin tubuh melalui organ pankreas akan mengeluarkan hormon yang berfungsi sebagai pengatur kadar glukosa dalam darah.

Hormon yang dihasilkan oleh pankreas disebut insulin dan akan langsung dilepaskan setelah seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Kelebihan glukosa dalam darah akan di kirim oleh hormon insulin ke hati untuk kemudian diubah dan disimpan sebagai glikogen {gula otot}.

Dengan begitu, hormon insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah.

Selain insulin, pankreas juga menghasilkan hormon lain yang disebut dengan glukagon. Kerja hormon ini merupakan kebalikan dari kerja hormon insulin yaitu menaikkan kadar gula darah.

Proses ini terjadi ketika kadar glukosa darah seseorang rendah. Glukagon berperan untuk memberi rangsangan ke hati agar mengubah kembali glikogen menjadi glukosa dan melepaskannya ke dalam aliran darah. dengan begitu, kadar gula darah yang rendah akan kembali naik.

Hormon insulin dan glukagon adalah dua hormon penting dalam menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.

Ketika jumlah glukosa dalam darah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh, maka glukosa yang ada akan disalurkan oleh hati ke organ-organ tubuh yang paling membutuhkan yaitu otak, sel darah merah dan ginjal. Untuk organ-organ tubuh lain, energi akan di ambil dari pemecahan lemak menjadi keton oleh hati melalui proses yang disebut dengan ketogenesis.

Hati juga bisa membuat glukosa dari zat-zat lain yang ada di dalam tubuh seperti asam amino, zat-zat sisa, dan produk samping pengolahan lemak.

Kadar Gula Darah Normal
Umumnya, kadar gula darah sebesar 80 – 99 mg/dl sebelum makan atau 80 – 140 mg/dl setelah makan merupakan kadar gula darah normal untuk kebanyakan orang. Angka ini bisa berbeda –beda tergantung dari sumber yang kamu gunakan. Tetapi bisanya, tidak terlalu jauh berbeda.
Perbedaan kadar gula darah sebelum dan sesudah makan merupakan cerminan dari cara tubuh dalam menyerap dan menyimpan glukosa.

Setelah makan, tubub akan memecah karbohidrat menjadi glukosa yang kemudian akan dierah ke dalam aliran darah melalui dinding usus halus. Ketika ini terjadi, maka kadar gula dalam darah akan naik.

Saat itu juga, pankreas melepaskan hormon insulin yang akan memawa kelebihan glukosa dalam aliran darah menju hati. Hati kemudian mengubahnya menjadi glukagon dan menyimpannya di otot. Dengan begitu, kadar gula dalam darah kembali turun.

Masalah-Masalah Berkaitan dengan Kadar Gula Darah
Diabetes merupakan penyakit paling umum yang berkaitan dengan gula darah. Diabetes terjadi ketika tubuh kekurangan insulin atau karena tubuh tidak bekerja dengan efektif dalam mengatur kadar gula darah.

Penyakit diabetes dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti obesitas, pola makan dan faktor keturunan.

Selain diabetes, ada kondisi yang disebut dengan hipoglikemia, yaitu kondisi ketika tubuh gagal untuk memproduksi glukosa dalam jumlah yang cukup sehingga kadar gula darahnya sangat rendah yaitu lebih kecil dibandingkan 70 mg/dl.

Ketika kondisi ini terjadi, tentunya tubuh akan merasa lemas karena kekurangan energi.

Bagaimana Cara Menjaga Gara Kadar Gula Darah Kita Tetap Normal?
Seseorang dapat menjaga agar kadar gula darahnya tetap normal melalui beberapa cara berikut:
1. Menjaga Berat Badan. 
Menjaga berat badan agar pada kisaran normal merupakan salah satu cara terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Hitung berat badan normal kamu atau kamu bisa bertanya kepada dokter tentang berat ideal yang harus kamu miliki.

Jika berat badan melebihi beran badan ideal, maka lakukan program penurunan berat padan yang mudah dan menyenangkan.

2. Menjaga Asupan Makanan
Makanan yang banyak mengandung karbohidrat sederhana sehingga dapat dicerna dengan cepat oleh tubuh dapat meningkatkan kadar insulin dalam darah dan memperberak kerja pankreas. Oleh karena itu, jangan mengkonsumsinya terlalu sering.

Selain itu, hindari juga makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh karena tidak baik untuk kesehatan. Konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh dan tinggi serat.

Mengkonsumsi kacang-kacangan dan sayuran juga di sarankan agar asupan nutrisi bagi tubuh tetap terjaga dan tubuh menjadi sehat. Dengan begitu, semua proses yang ada dalam tubuh akan berjalan dengan baik, termasuk proses pengontrolan terhadap kadar gula darah.

3. Meningkatkan Aktivitas Fisik
Berjalan cepat selama 30 menit dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.
Buka Komentar

0 Response to "Apa Itu Gula Darah? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

ptk

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ptk