Fakta-Fakta Tentang Unsur Silikon (Si)

Jika kemarin kita sudah membahas apa itu polimer silikon (itu tuh, salah satu jenis polimer yang sering digunakan untuk implan payudara), sekarang saatnya kita membahas fakta-fakta menarik tentang unsur silikon. Unsur ini memiliki kegunaan yang sangat banyak bagi kehidupan kita.

Apa saja kegunaan silikon itu? Dengan membaca tulisan ini, kamu dapat menemukan informasi dan jawaban lengkap tentang unsur silikon.

Apa itu Silikon?
Silikon adalah salah satu unsur yang terdapat dalam tabel periodik dengan lambang Si. Unsur ini berada pada golongan IVA, sama dengan karbon (C). Berikut beberapa data periodik tentang unsur silikon:
1) Nomor atom (jumlah proton/elektron) = 14
2) Masa atom relatif (Ar) = 28,09
3) Wujud pada suhu kamar = padat
4) Titik leleh = 1.414 derajat Celcius
5) Titik didih = 3.635 derajat Celcius
6) Jumlah isotop (atom-atom yang berasal dari usnur sama, tetapi memiliki jumlah neutron yang berbeda) = 24 buah
7) Isotop paling stabil dan yang paling banyak ditemukan adalah Si-28

Silikon dalam bentuk mineralnya
Silikon merupakan unsur ketujuh paling melimpah jumlahnya di alam semesta dan merupakan unsur kedua terbanyak penysusun planet kita, setelah oksigen (Royal Society of Chemistry).

Sekitar 25 persen dari kerak bumi tersusun atas silikon. Jadi, unsur ini sebenarnya sangat mudah didapatkan. Kemudahan ini tentunya berkaitan dengan fungsi vitalnya dalam kehidupan manusia.

Tahuah kamu, bahwa pasir putih cantik yang ada di pantai itu tersusun atas senyawa yang mengandung silikon yaitu silika, suatu oksida silikon. Pasir pantai menjadi salah satu sumber yang akan diolah untuk emndapatkan silikon murni.

Apa Kegunaan Silikon?
Di alam, kita tidak bisa menemukan silikon dalam bentuk unsurnya, melainkan ia selalu berikatan dengan unsur lain. Salah satunya adalah silikon yang berikatan dengan dua buah atom oksigen membentuk molekul silikon dioksida, SiO2.

Silikon dioksida sering juga disebut sebagai silika.

Silikon bukanlah unsur logam ataupun non-logam. Ia berada diantara kedua sifat unsur tersebut sehingga sering disebut sebagai unsur semi-logam. Unsur semilogam juga memiliki penampakan seperti unsur-unsur logam pada umumnya, namun tidak menghantarkan listrik sebaik unsur logam asli.

Oleh karena itu, silikon disebut sebagai zat semikonduktor.

Daya hantar listrik silikon akan meningkat seiring dengan pertambahan/peningkatan suhu.

Silikon pertama kali berhasil diisolasi pada tahun 1824, oleh ahli kimia Swedia bernama Jacob Berzelius (yang juga menemukan unsur cerium, selenium dan torium). Ia memanaskan silika bersama kalium dengan tujuan untuk memurnikan silikon.

Sekarang, cara modern yang digunakan orang untuk medapatkan silikon murni adalah dengan memanaskan silika (dalam bentuk pasir) bersama karbon.

Silikon merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat batu bata dan keramik (silikon dalam tanah liat). Namun, kegunaan silikon yang paling terkenal adalah sebagai zat semikonduktor dalam alat-alat elektronik. Industri elektronik menggunakan silikon untuk membuat transistor serta komponen-komponen elektronik kecil dalam komputer, radio atapun smartphone.

Untuk membuat transistor dari silikon, maka silikon harus dikristalkan dengan cara menambahkan unsur-unsur lain (dalam jumlah yang sedikit/trace elemen) seperti boron atau fosfor. Unsur tersebut akan berikatan dengan silikon sehingga membuat elektron dapat mengalir bebas pada bahan tersebut.
Transistor yang dibuat menggunakan silikon.
Silikon juga digunakan untuk membuat sel-sel pada panel solar (panel yang digunakan untuk emngubah panas matahari menjadi energi).

Fakta-Fakta Menarik Seputar Silikon
1) Pada operasi implant payudara, bukan unsur silikon yang digunakan, melainkan polimer silikon. Polimer silikon merupakan molekul raksasa yang tersusun atas oksigen, karbon dan hidrogen. Polimer ini sangat tahan terhadap panas sehingga sering digunakan untuk membuat peralatan memasak seperti sarung tangan oven, ujung spatula atau pegangan penggorengan.

2) Silikon bisa berbahaya bagi tubuh jika tertelan dalam waktu yang lama. Ia dapat menyebabkan timbulnya penyakit pada paru-paru yang disebut dengan silikosis.

3) Batu permata cantik dan mahal itu sebenarnya terbuat dari molekul silika dan air.

4) Senyawa silikon carbida (SiC) merupakan salah satu zat paling keras yang ada dialam setelah intan.

5) Tanaman menggunakan silikon untuk memperkuat dinding sel mereka. Silikon juga merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tanaman agar tahan terhadap penyakit.

6) Silicon Valley di California, Amerika Serikat dinamai berdasarkan silikon karena daerah tersebut merupakan pusat industri chip komputer. Beberapa perusahan elektronik besar seperti Apple juga berpusat di silicon valley.

7) Silikon dan karbon boleh terletak dalam satu golongan yang sama pada tebl periodik, tetapi secara kimia keduanya sangat berbeda. Salah satu perbedaan itu adalah karbon merupakan senyawa organik, sedangkan silikon adalah senyawa anorganik.

Nah, itulah beberapa informasi yang bisa saya bagikan kepada kamu tentang silikon. Kamu tentu sudah tahu betapa pentingnya unsur ini bukan? Tetap, kunjungi dan baca artikel menarik lain dari blog ini ya supaya wawasan dan ilmu pengetahuan kamu bertambah.

Sampai jumpa di artikel lainnya!

The Source of this article is published originally in Live Science website. If you want to get more information about silicon, go there!
Buka Komentar

0 Response to "Fakta-Fakta Tentang Unsur Silikon (Si)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

ptk

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ptk