Apa Penyebab Gigi Sensitif? Bagaimana Cara Mengobatinya?

Ketika mengkonsumsi makanan panas atau dingin, atau makanan yang mengandung senyawa-senyawa tertentu, beberapa orang akan mengalami rasa ngilu pada gigi mereka. Rasa ngilu pada gigi merupakan pertanda bahwa gigi kita sensistif.

Gigi sensitif merupakan masalah kesehatan pada gigi yang paling umum terjadi. Kondisi ini melibatkan timbulnya rasa sakit atau ngilu pada gigi yang penderitanya merasa tidak nyaman. Umumnya, rasa ngilu atau sakit pada gigi muncul ketika kita mengkonsumsi makanan dingin atau panas, atau makanan yang mengandung senyawa-senyawa tertentu.

Rasa sakit atau ngilu yang diarasakan oleh penderita gigi sensitif biasanya terasa menyengat dan terjadi secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan karena, makanan atau minuman yang kita konsumsi menyentuh ujung syaraf yang terdapat pada gigi.
Untungnya, gigi sensitif bukanlah penyakit serius dan bisa diobati. Kamu mau sembuh dari penyakit gigi sensitif? Ada baiknya kamu baca artikel ini sampai habis ya!

Penyebab Gigi Sensitif
Dengan mengetahui penyebab mengapa gigi kita bisa sensitif, diharapkan kita bisa melakukan langkah pencegahan agar penyakit ini tidak menghampiri kita. Mau tahu apa saja penyebabnya? Berikut adalah penjelasannya!

Gigi sensitif bisa menyerang siapa saja. Gigi kamu yang awalnya normal, suatu hari nanti bisa saja terjemenjadi sensitif terhadap makanan panas, dingin atau yang mengandung senyawa-senyawa tertentu.

Gejala umum dari penyakit gigi sensitif adalah rasa sakit yang menyengat dan terjadi secara mendadak ketika gigi kita menyentuh makanan dingin, manis, asam, panas atau bahkan karena terekspos ke udara.

Beberapa orang juga bisa mengalami gejala gigi sensitif ketika mereka menyikat gigi menggunakan sikat gigi atau ketika membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang.

Pada gigi yang sehat, enamel (bagian luar gigi yang paling keras) akan melindungi lapisan bagian dalam gigi (dentin) yang bersifat lembut. Sedangkan, akar gigi kita dilindungi oleh gusi. Nah, ketika enamel gigi kita menipis atau ketika gusi yang melindungi akar gigi turun ke bagian bawah, maka lapisan denin akan mudah terekspos oleh makanan yang kita konsumsi.

Bagian dentin gigi berhubungan langsung dengan syaraf. Ada ribuan pembuluh syaraf halus yang terdapat pada dentin gigi. Jika syaraf ini tersentuh oleh zat-zat tertentu (makanan atau miniman), akan menghasilkan rasa sakit di daerah gigi.

Inilah penyebab seseorang mengalami gigi sensitif.

Ada beberapa faktor yang akan membuat seseorang lebih mudah terserang penyakit gigi sensitif, yaitu:
1) Menyikat gigi terlalu keras menggunakan sikat gigi yang kasar. Tindakan ini dapat merusak enamel gigi sehingga bagian dentin dapat terekspos oleh zat-zat yang kita makan.

2) Turunnya gusi yang melindungi akar gigi. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang menderita penyakit yang berhubungan dengan gusi atau gigi dalam waktu lama.

3) Radang Gusi (Gingivitis). Gusi kita bisa meradang karena disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada plak gigi.

4) Gigi berlubang. Gigi berlubang disebabkan karena pembusukan gigi oleh bakteri sehingga ada lubang yang dapat mengekspos bagian dental gigi. gigi berlubang dapat juga menimbulkan peradangan pada gusi dan pulpa gigi.

5) Penggunaan obat kumur dalam waktu lama. Beberapa obat kumur yang dijual dipasaran mengandung senyawa asam. Jika bagian dentin gigi sudah tereksps senyawa ini, ia dapat memperparah kondisi gigi sensitif kamu. Obat kumur yang mengandung asam juga dapat merusak lapisan-lapisan dentin gigi.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Gigi Sensitif?
Jika kamu ke dokter karena gigi sensitif yang sangat mengganggu, dokter akan menyarankan beberapa cara pengobatan terbaik untuk mengobati gigi sensitif. Tetapi, kamu juga bisa melakukan tindakan pengobatan sendiri dirumah untuk mencegah atau mengurangi sakit akibat gigi sensitif.

Bagi mana caranya? Berikut adalah beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengurangi asit akibat gigi sensitif.
1) Mengganti pasta gigi ke yang khusus untuk mengurangi sakit pada gigi sensitif. Walaupun sedikit lebih mahal dari pasta gigi yang biasa, tidak ada salahnya mencoba menggunakannya rasa ngilu pada gigi sensitif kamu berkurang.

2) Menggunakan sikat gigi yang lembut. Jangan beli yang murah, karena kasar dan dapat mengikir enamel gigi serta merusak gusi. Berinvestasi untuk kesehatan itu tidak ada masalahnya.

3) Hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang tsangat asam seperti cola, jus lemon dan lain sebagainya. Makanan asam dapat memperparah rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigi sensitif.

4) Gunakan obat kumur yang mengandung senyawa fluorida karena dapat memperkuat enamel gigi. Salah satu senyawa fluorida tersebut adalah perak diamina fluoruida, yang sudah terbukti eketif untuk mengatasi gigi sensitif. Tapi, jangan gunakan obat kumur atau pasta gigi yang hanya mengandung ion fluorida saja (tidak mengandung senyawanya). Karena menurut penelitian terbaru dari Caries Research, ion fluorida tidak mampu mencegah pengikisan pada enamel gigi dan bakan malah menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah gigi sensitif. Makanya, kita harus cek terlebih dahulu label produk pembersih gigi yang kita gunakan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan pada gigi kita.

5) Kunjungi dokter terdekat jika gigi sensitif kamu sampai menggangu aktivitas.

Nah, itulah informasi mengenai penyebab gigi sensitif dan cara penyembuhannya. Semoga informasi diatas bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan kamu ya! Sampai jumpa di artikel sains lainnya!
Buka Komentar

0 Response to "Apa Penyebab Gigi Sensitif? Bagaimana Cara Mengobatinya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

ptk

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ptk