Fakta-Fakta Kalifornium (Cf), Unsur Kimia Sintetik (1)

Diantara semua unsur dalam tabel periodik, ternyata tidak semuanya bisa ditemukan dialam. Ada beberapa diantara unsur-unsur tersebut yang merupakan unsur buatan manusia/sintetik. Salah satunya adalah kalifornium.

Melalui postingan ini kita akan mempelajari fakta-fakta menarik, penemuan, dan kegunaan kalifornium dalam kehidupan sehari-hari.

Apa itu Kalifornium?
Kalifornium adalah unsur sintetik/buatan manusia, bersifat radioaktif dan tidak bisa ditemukan di alam. Sebagai bagian dari unsur-unsur aktinida, kalifornium merupakan salah satu dari 15 unsur logam bersifat radiokatif yang bisa kamu temukan di bagian bawah tabel periodik.
Logam murni kalifornium berwarna putih keperakan, lunak dan sangat lembut sehingga bisa diiris menggunakan pisau silet. Kalifornium adalah unsur yang memiliki kereaktifan sedang. Logam ini akan memudar secara lambat jika diletakkan di udara terbuka pada suhu ruangan.

Lembaran tipis logam ini jia diletakkan di ruangan terbuka akan segera teroksidasi, tetapi tidak berekasi dengan cepat.
Berikut data tabel periodik untuk unsur kalifornium (Cf)
1) Nomor atomnya adalah 98
2) Lambang unsurnya adalah Cf
3) Masa atom relatif adalah 251. Salah satu unsur terberat dalam sistem periodik.
4) Kerapatan belum diketahui
5) Berwujud padat pada suhu ruangan
6) Titik leleh = 900 degC
7) Titik didih = belum dikethui
8) Jumlah isotop unsur ini adalah 20 buah (yang telah diketahui waktu parohnya) yaitu mulai dari kalifornium dengan nomor massa 237 sampai 256.
9) Tidak ada isotop unsur ini yang dapat ditemukan dialam, akrena mereka adalah unsur sintetik yang dibuat di laboratorium.

Semua isotop kalifornium bersifat radiokatif. Cf-251 merupakan isotop yang paling stabil dengan waktu parohnya sekitar 800 tahun (waktu paroh = waktu yang dibutuhkan oleh unsur untuk meluruh menjadi setengahnya. Misalnya, ada 1 kg Cf-251 yang meluruh. Maka setelah 800 tahun kemudian, jumlahnya akan tersisa sebanyak 0,5 kg saja). Waktu paroh Cf-251 ini termasuk yang paling lama diantara unsur-unsur radiokatif lainnya.

Isotop Cf-252 merupakan unsur penghasil neutron. Maksudnya, ketika isotop ini meluruh, ia akan memancarkan partikel neutron dalam jumlah banyak. Karena sifatnya ini, maka isotop Cf-252 banyak digunakan dalam berbagai bidang industri seperti insutri kimia, militer, pembuatan metal detektor, dan sebagais alah satu isotop yang digunakan untuk mengecek kelayakan logam yang akan diguankan untuk membuat pesawat (apakh logam itu tahan terhadap tekanan).

Sejarah Penemuan Kalifornium
Tahun 1950, ahli kimia Amerika bernama Stanley Thompson, Kenneth Street, Albert Ghiorso dan Glenn Seaborg merupakan orang pertama yang berhasil mensintesis unsur kalifornium di laboratorium.

Mereka melakukan percobaan ini di salah satu lab yang ada di University of California, Berkeley.

Kalifornium merupakan unsur buatan keenam dari golongan transuranium yang berhasil dtemukan. Penemuan unsur ini terjadi ketika ahli kimia diatas menembak curium-242 dengan partikel alfa (atom helium yang tidak memiliki elektron) sejauh 60 inci menggunakan akselerator nuklir.

Setiap rekasi nuklir yang terjadi menghasilkan Cf-245, sebuah isotop kalifornium dengan waktu paroh sekitar 45 menit dan sebuah neutron bebas. Para ahli kimia yang melakukan percobaan ini berhasil memproduksi sekitar 7000.000 atom Cf-245.

Setelah analisis kimia dilakukan, para ahli kimi tersebut kemudian mengkonfirmasi bahwa telah ditemukan unsur kimia baru.

Kegunaan Unsur Kalifornium
Cf-252, salah satu isotop kalifornium dengan waktu paroh sekitar 2.645 tahun merupakan sumber neutron dalam rekasi nuklir. Satu mikrogram (0,000001 gram) Cf-252  yang meluruh bisa menghasilkan sekitar 170 juta pertikel neutron setiap menitnya.

Isotop ini mempunya beragam kegunaan, salah satunya adalah sebagai penyedia neutron untuki memulai reaksi nuklir. Cf-252 juga digunakan sebagai sumber neutron untuk medeteksi keberadaan bijih emas dan perak di alam.

Selain itu, isoton Cf-252 juga digunakan untuk mengukur kelembaban neutron, yaitu sebuah alat yang bisa mendeteksi keberadaan lapisan air pada bantalan minyal.

Isotop Cf-252 merupakan material yang digunakan untuk memproduksi unsur trans-kalifornium lainnya. Sebagai contoh, unsur Oganesson dengan nomor atom 118, salah satu usnur berat dalam periodik, dibuat dengan cara menembak kalifornium menggunakan ion kalsium.

Cf-252 juga digunakan untuk mengobati kanker serviks dan bisa membantu menganalisis kadar belerag dalam minyak.

Fakta-Fakta Kalifornium
1) Kalifornium merupakan salah satu usnur paling berat dalam tabel periodik yang bisa diproduksi dalam jumlah yang banyak.

2) The Oak Ridge National Laboratory yang terletak di Tennesse merupakan satu-satunya tempak untuk memproduksi isotop cf-252 dan digunakan untuk kebutuhan Amerika Serikat.

3) Cf-252 digunakan untuk mengobati pasien penyakit kanker serviks dan kanker otak, jiak radiasi umum yang digunakan di rumah sakit tidak menunjukkan hasil yang baik.

4) Hanya sedikit senyawa kalifornium yang pernah diproduksi dan dipelajari. Beberapa diantaranya adalah kalifornium oksiuda (CfO3), kalifornium triklorida (CfCl3) dan kalifornium oksi klorida (CfOCl)

Nah, itulah informasi lengkap yang bsia saya bagikan kepada kamu mengenai kalifornium. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat, dan menambah wawasan serta pengetahuan akmu tentang sains. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya!
Buka Komentar

0 Response to "Fakta-Fakta Kalifornium (Cf), Unsur Kimia Sintetik (1)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

ptk

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

ptk